Berikut ini adalah hal hal yang harus kita perhatikan berkaitan dengan pembuatan konstruktor:
1.Konstruktor harus menggunakan nama yang sama dengan class.termasuk huruf besar dan kecilnya.
2.Dalam satu class bisa terdapat lebih dari satu konstruktor.
3.konstruktor akan dieksekusi setiap kli ada pembuatan objek.
4.Setiap class harus mempunyai paling tidak sebuah konstruktor.
5.Jika sudah mendeklarasikan konstruktor, maka konstruktor default tidak akan dibuat oleh kompiler Java.
Sebuah class memiliki beberapa konstruktor.Konstruktor yang dibuat lebih dari satu dibunakan untuk keperluan berikut:
1.Menentukan nilaiInstance variabel yang berbeda. Jadi, pada setiap konstruktor diinisialisasi variabel yang berbeda.
2.Melakukan tugas awal dengan menjalankan metode tertentu,seperti untuk melakukan penghitungan. Jadi, selama konstruktor dijalankan,akan dilakukan penghitungan.
Contoh deklarasi konstruktor
identifier_class([tipe identifier,tipe identifier,...]){
// inisialisasi variabel
// perhitungan awal
Pada contoh ini akan dibuat empat buah konstruktor yang berfungsi untuk membuat objek dengan tipe lingkaran.Class lingkaran diidentifikasi dengan kode berikut:
public class Lingkaran{
Float x,y,jari;
// konstruktor diletakan disini
}
Dibawah ini adalah contoh konstruktor yang dapat didefinisikan untuk class Lingkaran diatas.
1. Lingkaran dibuat dengan nilai default, jari jarinya = 1 dan berada di koordinat (0,0)
public Lingkaran (){
this jari = 1;
this x = 0;
this y = 0;
}
2. Konstruktor digunakan untuk membuat lingkaran dengan jari jari dan posisi yang kita tentukan sendiri.
public Lingkaran(float jari,float X,float y) {
this.jari=jari;
this.x=x;
this.y=y;
3. konstruktor digunakan untuk membuat lingkaran dengan jari jari default = 1, dengan posisi yang kita tentukan sendiri
public lingkaran(float x, float y){
this.jari=1;
this.x=x;
this.y=y;
}
4.Konstruktor digunakan ntuk membuat lingkaran dengan posisi default,yaitu di koordinat (0,0), namun jari jarinya kita tentukan sendiri.
public Lingkaran(float jari){
this.jari=jari;
this.x=x;
this.y=y;
}
dengan satu nama konstruktor, dapat dibuat objek lingkaran dengan jari jari dan posisi yang berbeda.
No comments:
Post a Comment